Jangan Sampai Salah Pilih, Ini Cara Membedakan Velg Asli dan Palsu

oleh

BERITAJAKARTA – Bagi anda yang saat ini ingin mengganti velg mobil, jangan sampai salah pilih ya. Karena saat ini semakin banyak yang menjual velg mobil replika dengan harga lebih murah.

Memang tidak ada kerugian spesifik dengan menggunakan velg palsu yang bagus dan harganya murah. Hanya saja, jangka waktu pemakaiannya akan cenderung lebih singkat dibandingkan yang asli.

Agar anda tidak tertipu saat membeli velg mobil asli, berikut ini ada beberapa tips dari Indonesia International Motor Show (IIMS) Supervisor Arvia Pratama Tiara, Agus.

Dilansir detikOto, Agus mengungkapkan bahwa keaslian dari velg adalah bobotnya. Velg asli akan memiliki bobot cukup berat namun cenderung ringan dan mantap, bila jatuh pun bunyi nya tidak nyaring.

“Bedanya dari berat dan kualitasnya. Kalau velg asli lebih awet atau tahan lama dan biasanya ada lambang aslinya. Velg asli juga lebih ringan bila dibandingkan dengan yang replika (kw),” katanya di IIMS 2018, JIExpo Kemayoran, Jakarta.

“Kalau diraba di bagian belakangnya pun cukup kasar karena itu dia pakai las yang berkualitas dan memang ada baut-bautnya,” lanjut Agus.

Dalam hal detailing, velg asli tidak akan hanya ada tempelan semata. Bila memang ada baut, cukup diraba apakah itu baut beneran atau memang hanya hiasan saja.

“Velg asli itu tidak buat sesuatu yang tidak seharusnya. Kalau memang harus diberi baut, memang itu baut bukan pajangan. Jadi diraba saja. Lantas kilapnya juga berbeda,” ucap Agus.

Dari segi biaya tentu velg asli akan jauh lebih mahal daripada yang replika. Bahkan, harganya bisa dua sampai tiga kali lipat lebih mahal. Tapi dengan daya tahan yang luar biasa serta kecantikan yang dipancarkan, hal itu cukup seimbang.

“Velg asli itu tidak ada usianya, dia akan terus awet. Long lasting,” kata Agus.

Agus juga menyarankan agar velgk harus sering dicuci. Tak ada aturan baku penggunaan jenis sabun. Tapi alangkah baiknya untuk menggunakan sabun khusus velg. (**)

Tinggalkan Balasan