Pasca Erupsi, Objek Wisata di TN Gunung Merapi Mulai Dibuka Hari Ini

oleh

BERITAJAKARTA – Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) kembali membuka objek wisata di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi untuk wisatawan mulai hari ini, Senin (11/6). Pembukaan ini berdasarkan hasil koordinasi dengan BPPTKG Yogyakarta dan memperhatikan masa libur Lebaran 2018.

“Dibuka kembali untuk aktivitas pengunjung per tanggal 11 Juni 2018 dengan memperhatikan aturan dan ketentuan yang berlaku,” kata Koordinator Data dan Informasi Balai TNGM, Susilo Ari Wibowo seperti dilansir detikTravel, Senin (11/6/2018).

Berdasarkan Surat Edaran TNGM Nomor : SE 09/BTNGM/TU/Ren/06/2018 yang dikeluarkan pada 8 Juli 2018 tentang Pembukaan Objek Wisata di Kawasan TNGM.

Objek-objek wisata yang dibuka yakni Tlogo Muncar dan Tlogo Nirmolo di Kaliurang-Pakem, Sleman, kemudian Panguk dan Plunyon di Kalikuning-Cangkringan, Sleman, lalu di Deles Kemalang, Klaten, dan Jurang Jero-Srumbung, Magelang.

Sebelumnya, objek wisata di kawasan TNGM dibuka-tutup berdasarkan evaluasi setelah adanya peningkatan aktivitas Gunung Merapi sejak 11 Mei 2018.

“Kita tetap evaluasi di lapangan, jika sewaktu-waktu ada peningkatan aktivitas Gunung Merapi, bukan tidak mungkin akan kembali ditutup lagi. Kita juga imbau masyarakat tetap waspada,” imbuh Susilo. (*/dtk)