Masih Tinggi, Dolar AS Mereda ke Level Rp 14.365

oleh

BERITAJAKARTA – Terpantau nilai tukar rupiah pagi tadi, Rabu (4/7), menguat ke level Rp 14.365 terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Rupiah hari ini dibuka di zona hijau, naik 50 poin atau 0,34% dari penutupan lalu, Selasa (2/7), di posisi Rp14.390/US$.

Seperti dikutip dari Reuters, Rabu (4/7), nilai tukar rupiah hari ini bergerak dari level Rp 14.330 hingga Rp 14.375. Hari ini rupiah terpantau bergerak di zona tersebut.

Nilai tukar dolar AS sendiri kemarin terus menguat terhadap rupiah. Mata uang Paman Sam tersebut sempat tembus Rp 14.450.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo sebelumnya mengatakan BI siap melakukan stabilisasi. Dia menuturkan, BI siap melakukan intervensi, baik di pasar valuta asing (valas) maupun surat berharga negara (SBN).

“Kami pastikan bahwa BI ini terus ada di pasar melakukan langkah-langkah stabilitas di pasar valas untuk melakukan stabilisasi nilai tukar rupiah baik melalui intervensi di pasar valas maupun juga pembelian SBN dari pasar sekunder,” katanya.

Dia bilang, investor asing belum banyak masuk ke Indonesia sehingga membuat kenaikan bunga acuan BI belum mendapat respons positif. Perry mengatakan, BI perlu intervensi di pasar valuta asing (valas).

“Sementara memang asing belum masuk besar kan perlu ada intervensi valas oleh Bank Indonesia,” ungkapnya. (*/dtkcom)