Presiden Jokowi Sebagai Inspektur Upacara, 724 Taruna Akmil dan Akpol Dilantik Jadi Perwira

oleh

BERITAJAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik 724 perwira TNI dan Polri di Istana Merdeka, Jakarta. Sebelumnya, para perwira ini telah menempuh pendidikan di Akademi TNI dan Akademi Kepolisian (Akpol).

Pelantikan dilakukan dalam bentuk upacara di Lapangan Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (19/7/2018). Presiden Jokowi menjadi inspektur upacara pengambilan sumpah prajurit taruna dan taruni menjadi perwira.

Total, ada 724 taruna dan taruni yang dilantik menjadi perwira TNI dan Polri. Sebelumnya, mereka menempuh pendidikan di Akademi Militer (Akmil), Akademi AU, Akademi AL dan Akpol.

Mereka semua diambil sumpah sebagai perwira dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi. Nama kegiatan ini juga dikenal sebagai Prasetya Perwira (Praspa).

Pelantikan Perwira TNI dilakukan melalui Keputusan Presiden (Keppres) RI Nomor 56/TNI/Tahun 2018 tentang Pengangkatan Taruna-Taruni Akademi TNI Menjadi Perwira TNI.

Sementara itu, Perwira Kepolisian diambil sumpahnya melalui Keppres No 57/Polri/Tahun 2018 tentang Pengangkatan Taruna-Taruni Kepolisian Menjadi Perwira Kepolisian.

“Atas nama pribadi, atas nama negara, saya mengucapkan selamat atas pelantikan saudara-saudara sebagai perwira. Saya sangat paham, untuk bisa dilantik di acara ini perjuangan saudara sangatlah berat,” kata Jokowi. (detikcom)