Sempat Bikin Antrean Tiket Panjang, Sistem e-Ticketing KRL Hari Ini Kembali Normal

oleh

BERITAJAKARTA – PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memperbarui pemeliharaan sistem tiket elektronik (e-ticketing). PT KCI mengatakan upgrade memang harus dilakukan karena pengguna KRL yang terus meningkat.

Direktur PT KCI Wiwik Widayanti meyakini pembaruan akan membuat pelayanan menjadi lebih cepat. Selain itu sistem baru juga akan mengintegrasikan dengan moda transportasi lainnya.

“Sekarang sudah ada beberapa operator untuk commuter selain KCI meski ini belum berjalan semua. Jadi diharapkan ada integrasi antarmoda. Ini lebih ke integrasi pembayaran. Maka dilakukan upaya pembaruan ini karena pembayaran menggunakan platform yang sama penggunaannya. Pembaruan sistem ini mau nggak mau harus dilakukan,” ujar Wiwik di kantor utama PT KCI, Jakarta Pusat, seperti dilansir detikcom.

Sebelumnya, pembaruan dan pemeliharaan sistem tiket elektronik dilakukan hingga Senin (23/7) siang. Selama proses pembaruan sistem tiket elektronik, KCI menjual tiket kertas kepada pengguna KRL sebagai alternatif.

Berbagai komentar pun muncul akibat penerapan tiket kertas tersebut. PT KCI menegaskan penggantian e-ticketing ke tiket kertas sudah seusai dengan SOP karena antisipasi sistem yang tidak berjalan.

Sistem pembaruan dan pemeliharaan sistem tiket elektronik pun sudah selesai dilakukan sejak Senin (23/7) pukul 10.30 WIB. Menurut Eva, setelah itu secara bertahap, sistem e-ticketing mulai Tiket Harian Berjaminan (THB), Tiket Kartu Multi-Trip (KMT), hingga kartu bank sudah bisa digunakan di seluruh stasiun.

Hari ini, PT KCI memastikan tiket elektronik sudah bisa digunakan pada hari ini, Selasa (24/7). (**)