Amankan Asian Games, Polisi di Bekasi Dilatih Bahasa Inggris

oleh

BERITAJAKARTA – Anggota Polres Metro Bekasi Kota yang terlibat pengamanan Asian Games mendapat pelatihan singkat bahasa Inggris. Tujuannya, agar polisi tersebut bisa memahami percakapan dalam bahasa Inggris ketika mengawal kontingen.

“Pelatihan resmi tidak ada, tapi tiap apel kita berikan pemberian arahan beberapa kata-kata praktis bahwa (bahasa) Inggris seperti greeting, direction,” kata Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Indarto dalam keterangannya seperti dilansir detikcom, Senin (6/8/2018).

Hal senada diungkapkan oleh Kasubag Humas Polres Metro Bekasi Kota Kompol Erna Ruswing. Pelatihan bahasa Inggris diberikan kepada anggota pada setiap kesempatan apel pasukan.

“Jadi dalam pelatihan itu, teman-teman (polisi) wajib belajar bahasa Inggris setiap apel. Entah itu (ucapan) ‘selamat pagi’ atau ‘ada yang bisa dibantu’, ya (kalimat) yang biasa dibicarakan sehari-hari aja, tidak terlalu mendetail. Soalnya kan dalam waktu singkat kan nggak mungkin,” jelas Erna.

Pelatihan sudah dilakukan sejak sebulan lalu di masing-masing Polsek. Pelatihan diberikan oleh polisi yang memang sudah menguasai bahasa Inggris.

“Mereka (polisi) yang sudah pintar bahasa Inggris untuk melatih temannya, jadi wajib untuk bicara di depan anggota,” ungkapnya.

“Ya kalau hanya teguran-teguran ‘how are you?’ sehari-hari ya bisa lah, nggak kayak orang asing yang was wes was wes (fasih), nggak bisa. Tapi kalau pembicaraan sehari-hari kayak tegur sapa (bisa),” tutur Erna.