Mulai Hari Ini Jalan Wahid Hasyim Jakarta Pusat Satu Arah

oleh

Mulai hari ini, Suku Dinas Perhubungan Jakarta Pusat akan memberlakukan uji coba sistem satu arah (SSA) pada ruas Jalan Wahid Hasyim, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat.

Uji coba nantinya akan dilakukan selama dua minggu terhitung tanggal 8 Oktober hingga 22 Oktober 2018.

Menurut Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Pusat, Harlem Simanjuntak, pemberlakuan satu arah di rute Jalan Wahid Hasyim dilakukan untuk memperlancar arus lalu lintas di kawasan tersebut. Terlebih kawasan tersebut sudah dilakukan penataan trotoar.

“Di situ sekarang sudah dilakukan penataan trotoar jadi kita harus ikuti penataan tersebut. Dari empat lajur sekarang menjadi tiga lajur, sehingga kita lakukan penataan supaya lalu lintas lancar,” kata Harlem, Sabtu (6/10/2018).

Harlem mengatakan, uji coba akan dibagi menjadi dua tahap. Uji coba diberlakukan pada 8-22 Oktober 2018. Setelah itu diberlakukan mulai 23 Oktober 2018. Lalu, setelah evaluasi tahap pertama, akan segera diberlakukan uji coba tahap kedua.

“Itukan Jalan Kebon Sirih sudah satu arah, Jalan Jaksa juga sudah searah. Supaya itu sama dan berpasangan maka Sabang dan Wahid Hasyim juga satu arah supaya arus lalu lintas mengalir,” katanya.

Pihaknya mengaku rencana pemberlakuan satu arah sendiri juga sudah dilakukan sosialisasi kepada masyarakat dengan memasang beberapa spanduk dan menyebaran flyer.

Bahkan beberapa waktu lalu pihaknya juga sudah mensosialisasikan ke warga dan pemilik toko sekitar atas pemberlakukan satu arah ini.

MENYUSUL akan adanya pengerjaan penataan trotoar, Jalan Wahid Hasyim akan diujicoba rekayasa lalu lintas tahap 1 dari tanggal 8 hingga 23 Oktober 2018.
MENYUSUL akan adanya pengerjaan penataan trotoar, Jalan Wahid Hasyim akan diujicoba rekayasa lalu lintas tahap 1 dari tanggal 8 hingga 23 Oktober 2018. (Istimewa)

Selama uji coba SSA di Jalan KH Wahid Hasyim, kendaraan dari arah Jalan Jaksa sampai dengan simpang Jalan Agus Salim hanya dibolehkan melintas satu arah dari timur ke barat atau tidak boleh belok kanan dari arah Jalan Agus Salim ke arah Jalan KH Wahid Hasyim.

Kendaraan yang melintas di Jalan Sabang hanya dibolehkan melintas dari arah selatan ke utara. Sementara dari arah Kebon Sirih tidak boleh ke arah Jalan Agus Salim atau Jalan Sabang.

“Setelah kami uji coba tentu kita akan permanenkan, nantinya akan berlalu setiap hari selama 24 jam. Tapi untuk uji coba akan berlaku mulai pukul 09.00 WIB,” katanya.