Presiden Joko Widodo Meninjau Proyek Bendungan Sukamahi dan Ciawi

oleh

BERITAJAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau proyek bendungan Sukamahi dan Ciawi. Dalam kunjungannya, Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuldjono, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, serta Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum.

Seusai peninjauan, Jokowi menyampaikan perkembangan konstruksi bendungan Sukamahi sudah mencapai 15 persen. Sedangkan konstruksi bendungan Ciawi sudah 9 persen.

“Pembebasan lahan sudah 50 persen dan Insya Allah Januari sisanya bisa diselesaikan. Tinggal pembayaran,” kata dia di lokasi, Rabu (26/12/2018).

Jokowi memastikan tidak ada kendala berarti dalam proses pembebasan lahan.

“Nggak ada. Biasa lah di lapangan. Tadi disampaikan Pak Dirjen,” ucapnya.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Bambang Hidayah menambahkan, proyek bendungan Sukamahi ditargetkan selesai pada akhir 2019. Bendungan tersebut memiliki kapasitas tampung mencapai 1,6 juta meter kubik.

“Sukamahi target selesainya akhir 2019. Saat ini masih menunggu pembebasan lahan,” jelas Bambang.

Khusus bendungan Ciawi, memiliki kapasitas tampung 6,4 juta meter kubik. Menurut Bambang, bendungan Sukamahi dan Ciawi bisa mengurangi banjir di Jakarta.

“Tergantung sudut pandangnya kalau mengurangi banjir. Kalau dari sudut pandang di Manggarai, bisa mengurangi 12 persen dari debit banjir 50 tahun. Di sini (Sukamahi) bisa mengurangi 30 persen,” ujarnya. (Liputan 6)