Johar Lin Eng Pemain Sepak Bola Nasional

oleh

BERITA JAKARTA – Johar Lin Eng ditangkap Satuan Tugas (Satgas) Antimafia Sepak Bola di terminal kedatangan Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, pada Kamis (27/12/2018). Tim Satgas Antimafia bola kemudian menggelandang johar lin eng ke Mapolda Metro Jaya untuk menjalani pemeriksaan.

Johar Lin Eng diamankan berkaitan dengan kasus pengaturan skor di sepak bola nasional.

Sebelumnya, nama Johar Lin Eng disebut oleh Bupati Banjarnegara, Budhi Warsono dan Manajer Persibara Banjarnegara, Lasmi Indrayani, di acara Mata Najwa. Keduanya mengungkapkan telah dimintai uang Rp 500 juta untuk menjadi tuan rumah babak gugur Liga 3.

Selain itu, Johar Lin Eng yang turut menjabat sebagai Ketua Asprov PSSI Jawa Tengah juga dituduh menjadi perantara mafia pengaturan skor berinisial Mr P. Budhi mengaku kalau pihak Persibara menghabiskan uang hingga Rp 1,3 miliar.

Usai menjalani pemeriksaan, Johar Lin Eng kemudian ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pengaturan skor (match fixing) di kompetisi liga 3.

Johar Lin Eng sejatinya bukan pemain baru di sepak bola nasional. Pria kelahiran Semarang 8 September 1963 ini telah dua periode menjabat sebagai Ketua Asprov PSSI Jawa Tengah.

Johar Lin Eng saat ini berstatus sebagai Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) Jawa Tengah (Jateng). Jabatan tersebut sudah diembannya selama dua periode. Pria berusia 55 tahun itu sudah menjabat Ketua Asprov Jateng sejak 2013.

Johar Lin Eng menjabat sebagai Ketua Asprov PSSI Jawa Tengah pada 2013-2017, dan 2017-2021. Di periode kedua, Johar terpilih secara aklamasi bersama Wakil Ketua, Edy Sayudi.

Johar lalu juga menjadi anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI periode 2017-2021. Selain Johar, ada nama Dirk Soplanit, Very Mulyadi, Juni Ardianto Rahman, Pieter Tanuri, AS Sukawijaya, Condro Kirono, Yunus Nusi, Gusti Randa, Refrizal, Hidayat, dan Papat Yunisal yang juga menjadi Exco PSSI.

Pada tahun 2017 Johar juga ditunjuk Ketum PSSI Edy Rahmayadi menjadi Plt Ketua Asprov PSSI Kepulauan Riau dan Plt Ketua Asprov PSSI Aceh. Kala itu, penunjukkan tersebut sempat menuai kontroversi.

Sementara itu, dilansir dari website resmi PSSI, Johar Lin Eng dalam struktur organisasi PSSI saat ini merupakan anggota komite eksekutif.(Liputan 6)