Gelombang Tinggi Harus Dihindari, Tapi 10 Makanan Manado Ini Wajib Dicicipi !!!

oleh

BeritaJakarta-Manado yang terletak di provinsi Sulawesi Utara mengalami ombak besar pada Kamis (27/12/2018) malam. Ombak yang cipratannya sampai ke jalanan tersebut diabadikan oleh orang-orang yang melintas dan melihatnya.

Sebelumnya Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah meminta warga yang tinggal di sekitar perairan Sulawesi termasuk Manado agar mewaspadai gelombang laut yang tingginya diperkirakan bisa mencapai 2,5 sampai 4 meter yang diprediksi akan terjadi pada Jumat pagi (28/12).

Berbicara tentang Manado, ternyata kota yang dikenal dengan keindahan lautnya ini punya banyak makanan khas yang beraneka ragam dengan citra rasa pedas dan bumbu khas yang menjadi ciri utamanya. Berikut beberapa makanan khas Manado yang sudah Okezone rangkum yang bisa kamu cicipi saat berkunjung ke daerah nyiur melambai yang akan menggugah selera Anda.

1. Pisang goreng sambal dabu-dabu atau sambal roa
Di Manado, ada cara unik untuk menyantap pisang goreng, yaitu dengan menambahkan sambel yang biasa disebut dabu-dabu atau dengan sambel roa. Sedangkan pisang goreng yang biasa disantap di Manado yaitu pisang sepatu dan pisang goroho.

2. Dabu-dabu
Dabu-dabu adalah jenis sambal yang biasa ditemuka di Manado. Ada banyak variasi dalam sambal yang satu ini, yaitu dabu-dabu bakar, dabu-dabu lemong, dan dabu-dabu lilang.

3. Sambal Roa
Sambal jenis ini terbuat dari cabai yang diolah dengan ikan roa atau ikan terbang asap. Sambal roa cocok disajikan bersamaan dengan tinutuan.

4. Es Brenebon
Es yang merupakan es kacang merah ini sangat terkenal di Manado. Brenebon namanya. Es ini merupakan sajian hidangan pembuka atau kudapan yang enak disantap pada siang hari.

5. Gohu
Makanan satu ini berbahan dasar pepaya mengkal dan dicampur dengan air, cuka, cabe halus, gula aren, bakasang, dan jahe. Gohu, sangat segar dinikmati saat siang hari. Jika Anda suka kacang, Anda bisa menambahkannya ke dalam mangkuk yang berisi Gohu. (Okezone)