4 Cara Jitu Mengecilkan Betis Dengan Cepat

oleh

BERITAJAKARTA-Tak hanya perut buncit,ukuran betis yang besar sering kali bikin Anda kurang percaya diri di depan orang banyak. Terlebih bagi kaum wanita yang suka pakai celana atau rok pendek, betis yang besar tentu saja sangat mengganggu penampilan. Lantas, adakah cara mengecilkan betis yang cepat tapi juga aman bagi kesehatan? Tenang, jawabannya ada pada ulasan berikut ini.

Cara mengecilkan betis dengan cepat dan aman
Betis dan paha terdiri dari otot dan lemak subkutan, yaitu jenis lemak yang terletak tepat di bawah kulit. Ketika otot betis ini berkontraksi alias mengencang, ditambah lagi jumlah lemak subkutan yang banyak, maka kaki bagian bawah Anda akan terlihat besar dan tebal.

Meskipun tidak berbahaya bagi kesehatan, kondisi betis yang besar tentu saja bikin Anda jadi tidak pede, bukan? Tenang, punya betis yang kecil dan ramping bukan hal yang mustahil, kok!

Ada beberapa cara mengecilkan betis yang bisa Anda lakukan mulai hari ini, di antaranya:

1. Olahraga aerobik
manfaat bersepeda

Cara mengecilkan betis yang paling penting adalah membakar lemak subkutan yang menumpuk di bawah kaki. Nah, Anda bisa membakar lemak-lemak tersebut melalui olahraga aerobik.

Menurut American College of Sports Medicine, olahraga aerobik yang dilakukan selama 30 menit setiap hari dapat membakar lemak di betis dengan cepat, lho! Anda bisa memilih jenis olahraga aerobik apa pun yang Anda sukai, mulai dari jalan cepat, lari, berenang, atau bersepeda.

Supaya hasilnya maksimal, cobalah rutin bersepeda sebanyak 5 kali seminggu. Bersepeda dapat membantu meningkatkan daya tahan otot di betis, glutes, paha depan, dan paha bagian belakang (hamstring).

2. Peregangan otot kaki

Cara mengecilkan betis tidak melulu harus melakukan olahraga yang berat, tapi juga bisa diwujudkan dengan peregangan sederhana, lho! Peregangan yang terpusat pada kaki dapat mengencangkan otot-otot paha hingga bokong tanpa membuatnya jadi besar.

Begini cara peregangan kaki yang ampuh mengecilkan betis:

Berdiri dengan tegak. Supaya lebih seimbang, Anda boleh meletakkan tangan di pinggul.
Letakkan kaki kanan di depan, sementara kaki kiri di belakang. Tekuk lutut kaki kanan hingga membentuk sudut 90 derajat. Pastikan lutut kanan Anda tegak lurus dengan punggung kaki supaya tidak cedera.
Tahan selama beberapa detik. Rasakan berat badan Anda menekan bagian paha dan betis. Lalu, kembali ke posisi awal.
Ulangi sebanyak 10 kali. Kalau sudah, lakukan hal yang sama pada kaki kiri.(HelloSehat)