Sasar 1.500 Pedagang, Vaksinasi COVID-19 Tahap 2 Dimulai di Tanah Abang Hari Ini

oleh

BERITAJAKARTA.CO.ID – Vaksinasi COVID-19 untuk pedagang di Pasar Tanah Abang, DKI Jakarta berlangsung hari ini, Rabu (17/2/2021).

Total pedagang calon penerima vaksin mencakup 1.500 orang, terbagi di 3 titik vaksinasi. Ada 2 titik di lantai 8 yang diperuntukkan bagi para pedagang, dan 1 titik di lantai 12 blok A Pasar Tanah Abang untuk para pegawai PD Pasar Jaya.

Menurut keterangan petugas, pedagang yang datang dan dijadwalkan menerima vaksin hari ini sudah diberikan kupon pendaftaran sejak kemarin.

Akan tetapi berdasarkan pantauan detikcom, hingga pukul 08.20 WIB masih terdapat beberapa pedagang yang menunggu info pendaftaran.

Pedagang yang sudah menerima vaksin akan diarahkan ke ruang observasi. Selama 30 menit, mereka akan dipantau oleh dokter. Jika timbul reaksi tertentu, mereka akan langsung diberikan penanganan.

“Setelah vaksin, dikasih kartu lalu observasi selama 30 menit. Kami ada ambulans standby, dokter yang jaga. Kalau dalam 3 menit ada apa-apa, baru dikasih penanganan,” ujar petugas di lokasi vaksinasi pada detikcom, Rabu (17/2/2021).

Sejumlah pejabat mulai dari Presiden Joko Widodo, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, hingga Gubernur DKI Anies Baswedan, hadir meninjau proses vaksinasi di Pasar Tanah Abang.

Alur pelayanan vaksinasi COVID-19:

  1. Verifikasi penerima vaksin dari tim Pasar Jaya
  2. Setelah verifikasi, penerima vaksin diminta duduk di kursi yg disediakan
  3. Penerima vaksin akan didata terlebih dahulu oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta
  4. Penerima vaksin COVID-19 akan diminta melakukan screening kesehatan untuk memastikan kondisi diri siap menerima vaksin
  5. Penerima vaksin COVID-19 akan diberikan vaksin oleh petugas kesehatan yang ada di lokasi
  6. Penerima vaksin COVID-19 menunggu di tempat yang sudah disiapkan untuk mengecek hasil observasi
  7. Penerima vaksin COVID-19 diberi kartu vaksin oleh petugas. Setelah itu penerima vaksin bisa meninggalkan lokasi. (detikcom)