Ban Mobil Terkunci saat Dipakai, Ternyata Ini Penyebabnya

oleh

BERITAJAKARTA.CO.ID – Ban mobil yang terkunci secara tiba-tiba ternyata dari kebiasaan sepele, yakni mencuci mobil. Umumnya roda mobil terasa seperti terkunci atau tersendat. Laju mobil seolah terasa tertahan diselingi suara aneh pada area roda.

Secara umum gejala tersebut disebabkan karena kurangnya perhatian pada area roda.

“Gejala nge-lock atau seperti terkunci tersebut muncul karena kampas rem masih menjepit cakram ketika mobil mau dijalankan. Umumnya terjadi ketika mobil habis jalan lalu dicuci dan tidak jalan dalam waktu lama,” jelas Kepala Bengkel Astra Peugeot Cilandak, Jakarta Rafi’i Sinurat, seperti dilansir detikcom, Selasa (16/3).

“Selain proses pengeringan tidak optimal di area roda hingga rawan timbul karat atau residu. Alhasil posisi kampas sulit lagi ke posisi bebas (free),” jelas dia.

Untuk perawatan yang perlu diperhatikan ialah jangan mencuci komponen seputar roda baik cakram, kaliper, ataupun pelek mobil saat berada di kondisi suhu yang panas. Sebaiknya untuk mencuci bagian tersebut, tunggu hingga kondisi sudah normal.

Perawatan area roda baik untuk dilakukan secara rutin, terutama jika kendaraan yang digunakan sering melalui genangan air. Pastikan cakram dan pelek bebas dari debu dan terutama kotoran yang biasa terakumulasi akibat sisa gesekan antar kampas rem.

“Mencuci rem cakram dan pelek cukup mudah. Layaknya ritual mencuci mobil. Sebab kotor di pelek karena debu itu mudah dibersihkan jika sering dicuci. Apalagi kebanyakan pelek saat ini memiliki finishing dengan lapisan cat,” imbuh Rafi’i.

Dalam laman Daihatsu.co.id, dijelaskan selain sistem rem yang jarang dibersihkan, beberapa penyebab lain ban mobil terkunci ialah menggunakan handbrake saat mobil kondisi basah. Kanvas rem akan menempel pada cakram. Ketika kering, maka kanvas akan lengket pada cakram dan menyebabkan ban mobil terkunci.

Ada beberapa langkah pencegahan yang bisa dilakukan agar ban mobil tidak terkunci. Berikut ini langkah-langkahnya.

– Jangan menggunakan handbrake untuk mengerem mobil ketika kondisi basah. Misal setelah terguyur hujan atau setelah mobil dicuci.
– Jangan mengaktifkan rem ketika memasukkan mobil ke garasi setelah mobil dicuci. Di pagi hari seringkali menjadi penyebab ban mobil terkunci.
– Jangan parkir di tempat yang miring ke depan atau ke belakang. Parkir yang miring akan membuat kanvas menempel dengan kuat pada cakram mobil. Sehingga tidak jarang bisa membuat ban mobil terkunci.
– Bersihkan sistem pengereman mobil secara berkala. Seringkali sistem pengereman mobil yang tidak dirawat secara berkala akan menuai banyak masalah. Mulai dari beberapa bagian berkarat dan penuh lumpur yang menyebabkan ban mobil terkunci.(mg1)