Cegah Dehidrasi, Konsumsi 7 Buah Ini Saat Puasa

oleh

BERITAJAKARTA.CO.ID  – Saat berpuasa, asupan cairan tubuh harus selalu dijaga agar terhindar dari dehidrasi. Salah satunya dengan konsumsi buah-buahan yang tinggi kandungan air berikut ini.

Pada saat berpuasa sekalipun, asupan air harus tetap diperhatikan. Walaupun tidak dapat minum di siang hari, ada aturan tertentu untuk minum air yang bisa dilakukan saat bulan puasa.

Selain minum air, mencegah dehidrasi juga bisa dilakukan dengan cara yang lain. Salah satunya dengan konsumsi makanan yang tinggi akan kandungan air, terutama buah.

Buah-buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi saat bulan puasa adalah buah-buahan yang tinggi akan kandungan air. Mulai dari semangka hingga mangga.

Berikut ini buah-buahan yang direkomendasikan untuk cegah dehidrasi saat puasa, seperti dilansir detikcom (15/4).

1. Semangka
Semangka menjadi buah dengan kandungan air tertinggi yaitu sebanyak 92%. Semangka menjadi buah yang paling cocok untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh selain melalui air minum.

Selain itu, semangka juga mengandung gula alami yang memiliki kemampuan untuk rehidrasi. Secara alami kemampuan semangka yang dapat membantu rehidrasi berasal dari kandungan garam magnesium, kalsium, sodium dan potasiumnya.

2. Jeruk

Jeruk menjadi buah padat nutrisi yang juga tinggi kandungan air. Dalam satu buah jeruk terdapat air sebanyak 87% yang cukup untuk membantu memenuhi kebutuhan harian cairan tubuh.

Jeruk juga mengemas 100% kebutuhan vitamin C yang diperlukan oleh tubuh setiap hari. Wangi citrus yang menyegarkan pada jeruk juga akan mampu merelaksasi tubuh setelah seharian berpuasa.

3. Buah Berry

Buah beri-berian seperti strawberry, raspberry dan blueberry mengandung antioksidan dan air yang begitu tinggi. Bahkan strawberry sendiri dinobatkan menjadi buah dengan kandungan antioksidan dan air tertinggi ke-4 dengan kandungannya sebanyak 92% air.

Raspberry dan blueberry juga biasanya akan banyak dipanen saat musim panas. Buah beri-berian ini juga mengandung banyak vitamin C yang baik untuk tubuh. Walaupun belum begitu banyak, tetapi buah beri ini sudah banyak dijual di berbagai supermarket di Indonesia.

4. Anggur

Anggur dikenal sebagai buah kayak air yang juga baik untuk kesehtan jantung. Anggur mengandung kandungan air yang tinggi dan juga kandungan yang disebut resveratrol.
Kandungan resveratrol ini bertindak sebagai antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Semua jenisnya, baik yang ungu, merah, hitam atau yang hijau memiliki kandungan yang sama baiknya.

5. Air Kelapa

Kelapa menjadi buah dengan kandungan air tertinggi. Bahkan kandungan air dalam kelapa dikatakan memenuhi 95% dari total keseluruhan buah kelapa.

Kelapa, terutama es kelapa muda, juga seringkali menjadi pilihan yang menyegarkan dan cocok untuk berbuka puasa. Kandungan air kelapa juga mengandung sodium dan karbohidrat yang rendah sehingga rasanya akan sangat menyegarkan.

6. Nanas

Selain kandungan airnya yang berlimpah, nanas juga mengandung bromelain. Bromelain ini memiliki kekuatan antiinflamasi.

Selain itu, konsumsi nanas secara rutin juga diakui dapat meningkatkan imunitas dan menjaga kesehatan tubuh. tetapi perlu diperhatikan untuk tidak terlalu banyak konsumsi nanas saat perut dalam keadaan kosong.

7. Mangga

Rasanya yang manis dan kandungan airnya yang banyak membuat mangga begitu menyegarkan. Mengandung sekitar 135 kalori, mangga juga menjadi buah yang tepat untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian tubuh.

Mangga menjadi sumber yang sangat baik untuk vitamin A, B6, C dan serat. Mengupas mangga dan menyimpannya dalam kulkas untuk dinikmati saat berbuka puasa dalam keadaan sudah dingin menjadi cara terbaik untuk cegah dehidrasi setelah seharian berpuasa. (mg1)