4 Dampak Kurang Makan Sayur yang Bakal Dirasakan Tubuh

oleh -232 views

BERITAJAKARTA.CO.ID – Asupan gizi tak akan seimbang jika kita melewatkan makan sayur dalam sehari. Konsumsi sayur secara rutin agar tubuh terhindar dari efek buruk ini.

Anjuran mengonsumsi makanan bergizi seimbang bukanlah tanpa sebab. Karena dalam pola makan tersebut terdapat sayuran yang sangat penting manfaatnya untuk tubuh kalau dikonsumsi secara rutin.

Ada beragam jenis sayuran dan di antaranya memiliki kandungan nutrisi berbeda. Seperti kandungan vitamin, mineral, protein, zat besi, serat, dan lainnya.

Kalau kamu ingin tubuh tetap sehat, memang harus rutin mengonsumsi sayuran. Karena kalau kekurangan makan sayuran, maka akan menimbulkan akibat bagi tubuh kita.

Dilansir detikcom, berikut 4 dampak kalau kurang makan sayur.

1. Perubahan Mood yang Signifikan
Perubahan mood yang signifikan bisa dirasakan oleh setiap orang. Hal ini juga berpengaruh pada orang-orang yang kurang makan sayuran dan kerap disebut psikiatri nutrisi.

Dalam sebuah studi yang dikeluarkan oleh Harvard Health, ketika kamu mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi dan vitamin yang tepat, maka makanan itu bisa meningkatkan fungsi otak yang secara langsung berhubungan dengan suasana hati.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Psychiatry Research membuat korelasi antara pola diet dan risiko depresi, khususnya untuk diet yang rendah asupan buah dan sayuran. Jika diet yang kamu lakukan tinggi konsumsi daging olahan, biji-bijian olahan, kentang, dan lainnya, maka risiko depresi bisa meningkat secara signifikan.

2. Cepat Merasa Lapar
Buah-buahan dan sayuran adalah sumber serat dan karbohidrat komplet yang baik dalam pola makan. Kedua nutrisi itu penting dikonsumsi agar tubuh merasa kenyang lebih lama.

Jadi, saat tubuhmu kekurangan asupan sayuran maka akan kehilangan sumber serat dan karbohidrat kompleks. Sehingga tubuh jadi cepat merasa lapar. Perasaan lapar ini bisa berasal dari lonjakan dan penurunan gula darah yang cepat.

3. Masalah Kesehatan Pencernaan
Kandungan serat pada sayuran tak hanya bisa membuat kamu kenyang, tapi jug a membuatmu buang air besar secara teratur. Hal tersebut akan menandakan kalau kesehatan pencernaanmu baik-baik saja.

Lalu, bagaimana kalau kamu kurang makan sayuran? Sudah pasti akan membuat kesehatan pencernaan terganggu. Salah satunya bisa menyebabkan sembelit dikarenakan asupan serat yang dibutuhkan tubuh tidak cukup.

4. Kekurangan Nutrisi
Sebenarnya nutrisi yang lengkap juga bisa didapatkan dengan mengonsumsi multivitamin. Tapi, beberapa ahli menyarankan untuk mengonsumsi sayuran asli karena kandungan nutrisi yang baik.

Saat kamu mengonsumsi sayur secara rutin, maka tubuhmu akan mendapatkan nutrisi seperti vitmain A, C, E, magnesium, zinc, fosfor, asam folat, dan lainnya. Beda halnya kalau kamu kurang makan sayur, maka kamu juga akan kekurangan nutrisi. (mg1)