5 Hal Penting Ini Harus Dilakukan Saat Belajar Mengendarai Mobil Manual

oleh -787 views

BERITAJAKARTA.CO.ID – Belajar mobil manual memang gampang-gampang susah, apalagi bagi pengendara yang tidak terbiasa dengan mekanisme kopling. Jika kamu termasuk orang yang sedang latihan mengemudi mobil manual, bisa mengikuti lima tips berikut ini.

Hal pertama kali harus dilakukan saat mengemudi mobil manual adalah membiasakan posisi kedua tangan berada di setir atau kemudi. Kemudian jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan jarum rpm. Berikut penjelasannya seperti dilansir detikcom.

1. Selalu Meletakkan Kedua Tangan di Atas Setir

Banyak orang yang memiliki kebiasaan memegang setir dengan tangan kanan, sementara tangan kirinya stay di tuas persneling atau shifter. Kamu perlu tahu bahwa kebiasaan itu salah, karena berpotensi merusak sistem girboks. Perlu dicatat, bahwa tekanan sekecil apapun bisa berisiko merusak roda gigi. Maka dari itu, posisikanlah selalu kedua tangan di setir, tepatnya di posisi jam 9 dan jam 3. Itu akan memberi kamu kendali lebih terhadap kendaraan.

2. Jauhkan Kaki Kiri dari Pedal Kopling

Wajar jika pengendara pemula selalu menempatkan kaki kirinya di atas pedal kopling. Tapi hal itu jangan dibiasakan ya detikers. Sebab kaki kiri yang stay di pedal kopling akan membuat kopling selalu tertekan dan membuatnya cepat aus sebelum waktunya. Selain itu, kaki kiri yang selalu stay di atas pedal kopling bakal mengurangi kesiagaan pengemudi saat terjadi kecelakaan.

3. Gunakanlah Rem Tangan di Jalur Menanjak

Saat kamu mengendarai mobil manual di tanjakan, jangan sampai menahan pedal kopling setengah, karena cara itu tidak akan efektif dan malah bisa merusak kopling. Lebih baik tarik segera rem tangan jika mobil berhenti saat melewati tanjakan dengan kondisi jalanan macet. Cara ini lebih aman.

4. Selalu Kendarai Mobil dengan Posisi Gigi Masuk

Hal lain yang penting dilakukan adalah, selalu menggunakan mobil dengan posisi gigi masuk. Jangan pernah sekalipun berpikir mengendarai mobil dengan posisi gigi netral saat melewati jalan menurun demi tujuan menghemat bahan bakar, karena hal itu akan membuat kendaraan meluncur tanpa terkendali. Jadi disarankan untuk menggunakan gigi rendah saat melewati jalan menurun, tujuannya agar mobil bisa melakukan engine break dan mobil bisa terkendali.

5. Perhatikan RPM

Jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan jarum rpm yang ada di tachometer. Sebab perpindahan gigi di mobil manual harus dilakukan di rpm yang tepat agar mesin awet. (mg1)

No More Posts Available.

No more pages to load.