Google Bagi Duit untuk Para Wanita, Nilainya Tak Tanggung-Tanggung, Rp1,5 Miliar

oleh -181 views

Perusahaan teknologi raksasa Google menggelontorkan sejumlah sana hingga miliaran rupiah.

Dana ini digelontorkan Google untuk mendukung startup yang didirikan oleh para wanita di Asia-Pasifik.

Program ini mereka sebut Google for Startups Women Founders Fund dengan besaran dana yang digelontorkan sebesar USD100 ribu atau sekitar Rp1,5 Miliar.

Menariknya, dana ini digelontorkan dalam bentuk modal bebas ekuitas kepada enam startup yang didirikan oleh wanita di tahun ini.

“Untuk membantu menyamakan kedudukan bagi para pendiri startup wanita, yang akan terus membangun produk AI yang lebih adil untuk dunia, Google for Startup meluncurkan dana baru untuk startup AI yang didirikan wanita di Asia Pasifik,” tulis Google dikutip dari blog resminya.

Pendanaan akan fokus pada startup, terutama di bidang kecerdasan buatan atau AI di India, Jepang dan Korea Selatan sebelum berekspansi ke pasar Asia-Pasifik lainnya.

Google menyatakan bahwa mereka sengaja memilih negara ini karena semakin banyak bisnis AI yang didirikan oleh wanita melalui program di Google for Startup Campuses di Jepang dan Korea.

Selain itu juga melalui Startup School di India, sebuah program yang membimbing lebih dari 14.000 calon wirausahawan di 2022.

Pendanaan ini merupakan bagian dari program Google for Startups Founders Funds, yang didirikan pada tahun 2020

Hingga sekarang, sudah lebih dari 400 startup penerima telah mengumpulkan lebih dari US$400 juta dalam modal ventura lanjutan.

“Jadi kami tahu berinvestasi pada pendiri yang kurang terwakili adalah cara yang tepat untuk membantu mereka mengembangkan bisnis mereka,” jelas Google.

Selain modal bebas ekuitas, penerima dana program programs akan menerima bimbingan khusus dan dukungan teknis dari pakar Google.

Pendiri yang tertarik di India, Jepang, dan Korea dapat mengajukan permohonan Women Founders Fund mulai hari ini hingga 15 Agustus 2023.***

No More Posts Available.

No more pages to load.