Heboh Kabar Meteor Jatuh di Depok, Ini Penjelasan BRIN

oleh -15 Dilihat
Ilustrasi meteor/BRIN

BERITAJAKARTA.CO.ID – Kabar mengenai dugaan kemunculan meteor jatuh di Depok, Jawa Barat pada Minggu (23/6) malam, viral di media sosial seperti Instagram dan platform X. Video yang menunjukkan objek berkilauan berwarna hijau menghebohkan warganet, namun apa kata pakar?

Salah satu akun Instagram, @depok24jam, memposting video yang diduga menunjukkan meteor melintasi langit Depok. Fenomena ini juga ramai diperbincangkan di platform X milik Elon Musk.

Namun, Profesor Riset Astronomi-Astrofisika dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Thomas Djamaluddin, menanggapi kabar tersebut dengan hati-hati. Ia mengakui belum melihat langsung postingan viral mengenai dugaan meteor melintasi Depok itu.

“Saya tidak bisa memastikan kesaksian warga, kecuali jika dilengkapi dengan bukti visual,” ujar Thomas pada Senin.

Menurut Thomas, meteor merupakan peristiwa biasa karena benda langit yang mengorbit dekat Bumi seringkali memasuki atmosfer dan terbakar. Dia menjelaskan bahwa warna hijau pada meteor disebabkan oleh kandungan magnesium dalam batuan luar angkasa yang terbakar.

“Warna meteor bergantung komposisi kimia yang terbakar. Warna hijau berasal dari unsur magnesium yang terkandung pada batuan meteor,”¬†¬†tambahnya.

Dengan demikian, meskipun viral di media sosial, pakar menyatakan bahwa kejadian semacam ini merupakan bagian dari aktivitas alami di langit yang dapat terjadi kapan saja.***

No More Posts Available.

No more pages to load.