Ini 5 Manfaat Minum Air Lemon untuk Kesehatan

oleh -723 views

BERITAJAKARTA.CO.ID – Rutin minum air lemon jadi kebiasaan banyak pelaku hidup sehat. Ada lima manfaat minum air lemon untuk kesehatan menurut dokter naturopati ini.

Lemon terkenal dengan manfaat sehatnya, terutama karena tinggi vitamin C. Banyak pelaku hidup sehat pun terbiasa mengawali hari dengan minum air lemon.

Di balik rasanya yang asam menyegarkan, minum air lemon punya manfaat kesehatan yang tidak perlu diragukan. Dokter naturopati, Laura Neville menjelaskannya lebih lanjut.

Dikutip dari Delish (5/6), berikut 5 manfaat minum air lemon untuk kesehatan:

1. Menstabilkan nafsu makan
Minum air lemon bisa mencegah rasa lapar muncul lebih cepat karena sifatnya yang menyeimbangkan kadar gula darah. Neville menyebut pektin (jenis serat larut) pada lemon yang memberi manfaat ini.

Ia menyarankan untuk meracik air lemon dengan cara berikut. Siapkan 1/2 lemon, peras habis airnya. Kemudian campurkan ke dalam secangkir air hangat dan tambahkan lemon zest atau sedikit madu.

2. Bangkitkan energi
khasiat sehat minum air lemon5 Manfaat Minum Air Lemon untuk Kesehatan Menurut Dokter Foto: iStock
Manfaat minum air lemon untuk kesehatan selanjutnya adalah membangkirkan energi. Hal ini karena vitamin C pada lemon membantu penyerapan zat besi yang kalau kurang konsumsinya bisa sebabkan pusing.

Vitamin B pada lemon juga membantu produksi energi, kata Neville. Kamu bisa menghaluskan satu potong lemon dengan kulitnya di blender. Tambahkan sedikit air jika dibutuhkan. Kemudian bekukan cairan ini dalam kotak es batu. Gunakan saat ingin membuat smoothies sayuran tinggi vitamin B.

3. Lindungi sel tubuh
Vitamin C pada lemon juga bersifat sebagai antioksidan ampuh yang bisa melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Kondisi ini mungkin jadi penyebab kanker dan penyakit jantung.

Vitamin C juga berperan dalam proses sintesis kolagen yang bantu proses penyembuhan dari sakit lebih cepat. Kalau bosan dengan air lemon, kamu bisa mengkreasikan perasan lemon dalam beragam masakan.

4. Atasi kembung
Manfaat minum air lemon juga bisa untuk atasi penyakit pencernaan dan kembung yang kerap menyertainya. Asam sitrat pada lemon bisa membantu asam lambung pada tubuh dalam mencerna makanan.

Air lemon juga merupakan sumber potasium yang bagus. Mineral ini membantu mengontrol kadar natrium, berpotensi mengurangi kembung yang dipicu garam.

5. Cegah batu ginjal
Penyakit batu ginjal juga bisa dicegah dengan rutin konsumsi air lemon. Citrine, garam dalam asam sitrat, bersifat mengikat kalsium yang membantu menghalangi pembentukan batu ginjal.

Fakta menariknya, penyakit batu ginjal kronis sering diobati dengan potasium sitrat, tetapi penelitian telah menunjukkan bahwa lemon juga dapat melakukan ‘tugas’ itu. (mg1)

No More Posts Available.

No more pages to load.