Ini 5 Minuman Herba Bisa Membantu Bersihkan Paru-paru

oleh -715 views

BERITAJAKARTA.CO.ID – Sehatnya organ pernapasan dipengaruhi oleh gaya hidup. Berbagai bahan alami bisa dibuat minuman enak untuk menjaga dan membersihkan paru-paru.

Salah satu cara menjaga kesehatan paru-paru adalah dengan tidak merokok. Tapi untuk membantu membersihkan dan menjaga agar paru-paru tetap bekerja optimal, kamu perlu mengasup beberapa makanan dan minuman bernutrisi.

Tak perlu mengandalkan obat kimia, berbagai bahan herbal bisa diolah menjadi minuman hangat yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan paru-paru. Berbagai rempah dan buah bisa diolah menjadi minuman hangat yang ampuh membersihkan paru-paru.

Dilansir dari Times Now News (29/7) di masa pandemi corona seperti sekarang ini, memiliki paru-paru yang sehat adalah investasi yang berharga. Jadi tak ada salahnya untuk rutin mengonsumsi asupan yang bernutrisi baik untuk kesehatan paru-paru.

Beberapa bahan alami bisa dibuat menjadi minuman hangat yang ampuh membersihkan paru-paru, menjaga kesehatan serta membuat fungsinya tetap optimal. Kamu bisa mengonsumsi minuman ini setiap hari di pagi ataupun sore hari.

Berikut beberapa minuman herba yang bisa dikonsumsi untuk bersihkan paru-paru, seperti dikutip dari detikcom:

1. Madu dan air hangat
Madu sudah lama dikenal dengan sederet khasiatnya. Kandungan fitonutrien dalam madu mampu menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab berbagai penyakit. Madu juga berperan untuk meningkatkan sistem imun sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Kombinasi madu dengan air hangat bisa menjadi detoks alami bagi paru-paru yang terpapar efek polusi. Madu juga
memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu tubuh membersihkan infeksi penyebab sakit pada masalah pernapasan.

Campurkan 1 sendok makan madu dengan secangkir air hangat lalu nikmati segera. Minuman ini juga bisa mendongkrak energi sehingga cocok dijadikan minuman saat sarapan.

2. Air kunyit
Kunyit memiliki nutrisi alami yang membantu mengurangi peradangan pada saluran pernapasan. Kandungan kurkumin pada kunyit mampu menjaga kesehatan paru-paru dan secara alami membuat paru-paru lebih kuat.

Selaim menjaga kesehatan paru-paru, kunyit juga menjaga sistem kekebalan tubuh. Cara mudah konsumsi minuman berbahan kunyit adalah dengan merebus beberapa iris kunyit hingga mendidih. Nikmati air rebusan kunyit ini dengan tambahan madu atau gula merah.

3. Rebusan kayu manis
Kayu manis sarat dengan antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada paru-paru. Kandungan dalam kayu manis juga mampu menurunkan tekanan darah dan mengontrol kadar gula darah.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa manfaat anti-inflamasi dan antioksidan dalam kayu manis ini bermanfaat bagi penderita kanker paru-paru. Kamu bisa merebus sebatang kayu manis lalu meminum airnya atau menambahkan kayu manis pada teh hangat. Minuman ini bisa dinikmati malam sebelum tidur untuk membuat kualitas tidur lebih baik.

4. Air jahe
Jahe punya banyak manfaat untuk menjaga kesehatan paru-paru. Rempah satu ini sudah terbukti memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan paru-paru. Jahe yang dikonsumsi setiap hari juga mampu membersihkan paru-paru.

Jahe memiliki sifat antiinflamasi yang mampu melindungi paru-paru dari berbagai penyebab infeksi pernapasan. Jahe bisa dikonsumsi dengan cara direbus atau dijadikan campuran teh. Untuk membuat rasa air jahe jadi lebih enak, kamu bisa menambahkan gula namun hanya dalam jumlah sedikit.

5. Teh kapulaga
Kapulaga biasa jadi bumbu masak pada makanan Timur Tengah. Aromanya sedap dan rasanya pedas segar. Ternyata kapulaga juga bisa jadi teh yang mampu menjaga kesehatan paru-paru.

Efek sensasi hangat yang dihasilkan dari kapulaga membuat pernapasan menjadi lega. Teh kapulaga bisa dibuat dengan merebus 3 sampai 5 butir kapulaga lalu nikmati selagi hangat. Aroma harum semerbak kapulaga juga memberi efek menenangkan pikiran. (mg1)

No More Posts Available.

No more pages to load.