Ini Tips Puasa Bagi Penderita Asam Lambung

oleh -472 views

BERITAJAKARTA.CO.ID – Ada sejumlah tips puasa bagi penderita asam lambung yang bisa dilakukan agar kondisi ini tak kambuh-kambuhan di bulan Ramadan. Juga, berguna agar puasa yang dijalani tetap lancar, nyaman, dan tidak menimbulkan keluhan nyeri perut akibat asam lambung. Sebagai informasi asam lambung merupakan penyakit penyebab maag yang kerap dikeluhkan oleh banyak orang. Penyakit ini umumnya mengganggu saluran pencernaan bagian atas dan lambung di dalam tubuh manusia.

Tentunya penyakit ini tak bisa disepelekan begitu saja lantaran bisa memicu penyakit serius lainnya, seperti GERD atau asam lambung naik ke kerongkongan . Untuk itu, pemilihan makanan hingga menjaga pola hidup penting diterapkan bagi pengidap asam lambung agar penyakit ini tak kambuh-kambuhan di siang hari saat puasa.

Dilansir dari detik.com, ini tips puasa bagi penderita asam lambung.

1. Berbuka dengan makanan manis
Pengidap asam lambung disarankan untuk berbuka puasa dengan makanan yang manis-manis, seperti kurma dan lainnya. Hal ini berguna untuk membantu proses pencernaan dan mengembalikan kadar gula sesudah puas.

2. Makan yang ringan
Tips puasa bagi penderita asam lambung berikutnya adalah berbuka puasa dengan makanan yang ringan untuk menghindari perut begah dan memicu proses asam lambung yang berlebih.

Hindari juga sejumlah makanan yang bisa memicu asam lambung berlebih, seperti:

Gorengan
Makanan terlalu berminyak
Makanan pedas
Makanan asam
Kopi

3. Minum air putih
Selain itu, dapat mengkonsumsi air hangat atau air putih sebanyak dua gelas di saat berbuka puasa. Sebab, kebutuhan air harus tetap dijaga selama berpuasa agar tubuh tetap bugar dan sehat.

4. Bisa makan berat setelah shalat tarawih
Tips puasa bagi penderita asam lambung berikutnya, bisa mengkonsumsi makanan berat, seperti nasi, sayur, hingga daging, apabila sudah melaksanakan ibadah shalat.

No More Posts Available.

No more pages to load.