Kembali WFH, Ini 5 Cara Aman Meninggalkan Mobil di Garasi

oleh -163 views

BERITAJAKARTA.CO.ID – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di beberapa daerah diperpanjang dengan sejumlah penyesuaian. Dengan kebijakan ini, pekerja di beberapa bidang terpaksa harus kembali melakukan kerja dari rumah (WFH). Alhasil, mobil yang biasanya digunakan sehari-hari harus terparkir lama di garasi.

Jika terparkir lama di garasi, mobil tetap harus dilakukan perawatan. Berikut lima tipsnya:

1. Panaskan mobil. Memanaskan mesin mobil perlu dilakukan secara teratur paling tidak sesekali dalam seminggu untuk menjaga daya yang tersimpan pada aki mobil. Sebab, mobil yang tidak dipakai dapat mengalami penurunan daya setiap hari dari kapasitas totalnya.

2. Jaga tekanan angin ban. Kamu disarankan menjaga tekanan angin ban dengan menambah sekitar 5% dari tekanan angin normalnya. Juga dianjurkan untuk menggerakkan kendaraan maju-mundur ketika sedang memanaskan mesin agar beban kendaraan pada permukaan bidang ban dapat bertumpu merata, dan mencegah kerusakan flat spot pada ban.

3. Aktifkan Rem parkir dan Transmisi di posisi P (Parking) khusus mobil Matic sekalipun kendaraan berada di bidang jalan yang rata. Hal ini diperlukan demi keamanan, dan mencegah mobil bergerak ketika sedang diparkir, khususnya dalam waktu yang lama.

4. Jaga kebersihan mobil dengan mencuci sisi eskterior dan interior secara berkala. Pastikan tidak ada sisa makanan atau kotoran untuk menghindari adanya virus atau bakteri yang akan berkembang dan menempel khususnya di dalam mobil.

5. Parkir kendaraan di tempat yang tepat seperti garasi rumah. Namun, bagi kamu yang memiliki keterbatasan lahan, pastikan mobil diparkir di area yang tidak terkena matahari secara langsung atau di bawah pohon karena dapat membuat cat mobil mudah pudar dan kusam. Pastikan lokasi parkir juga aman dan mudah dipantau, bila perlu tambahkan juga kunci ganda pada kendaraan.

Source: detik.com