Mobil Listrik Mungil Wuling Versi Baru Meluncur, Harga Rp 83 Jutaan

oleh -552 views

BERITAJAKARTA.CO.ID – Mobil listrik mungil tampaknya sangat digemari masyarakat China. Perusahaan patungan General Motors dengan SAIC, Wuling, kembali meluncurkan mobil listrik mungil Wuling Hong Guang Mini EV.

Setelah sukses melampaui penjualan Tesla, Wuling Hong Guang Mini EV hadir dengan versi baru. Namanya Macaron. Mobil listrik mungil ini tersedia dalam tiga warna baru, bernama Avocado Green, Lemon Yellow dan White Peach Pink, yang dikembangkan bekerja sama dengan Pantone Universe, dan dengan atap warna solid.

Dikutip dari detikcom, Wuling Hong Guang Mini EV Macaron ini juga mendapat fitur keselamatan tambahan, seperti airbag standar untuk pengemudi, anti-lock braking system (ABS) dengan electronic brake-force distribution (EBD), pemantauan pejalan kaki kecepatan rendah dan sistem pemantauan tekanan ban, kamera mundur dan sensor parkir belakang.

Mobil listrik ini memiliki dimensi panjang 2.917 mm, lebar 1.493 mm, dan tinggi 1.621 mm, dengan jarak sumbu roda 1.940 mm. Ini memiliki tata letak tempat duduk 2 + 2, dan kursi baris kedua dapat dilipat, meningkatkan ruang bagasi dari hampir nol menjadi 741 liter.

Motor listriknya menghasilkan tenaga 20 kW (27 dk) dan torsi 85 Nm. Paket baterainya bisa membawa mobil melaju hingga 170 km. Pemilik mobil dapat memantau pengisian daya dari jarak jauh. Mobil listrik China mungil ini memiliki kecepatan tertinggi 100 km/jam.

Di China, Wuling Hong Guang Mini EV ini dibanderol RMB 37.600 hingga RMB 43.600. Jika dirupiahkan dengan kurs hari ini, harga mobil ini Rp 83,8 juta sampai Rp 97,2 juta. Murah kan?

Sementara itu, pad bulan Januari 2021, penjualan mobil listrik Wuling Hong Guang Mini EV mencapai 25.578 unit di China. Hal ini berhasil menggeser posisi Tesla Model 3 yang sebelumnya berada di peringkat pertama.

Bahkan penjualan mobil listrik kompak dari Wuling ini bisa terus melonjak naik seiring dengan adanya rencana untuk mengekspor ke luar negeri.

Untuk memasarkan dan menjual Hong Guang Mini EV, perusahaan patungan SAIC-GM-Wuling membangun sekitar 100 dealer di China. Sebagian besar di antaranya berlokasi di kota yang sibuk untuk menarik minat sebanyak mungkin.

Kabarnya Wuling akan membawa produk ini ke beberapa negara di luar China. Salah satu yang akan dapat prioritas adalah wilayah Eropa dan Amerika Utara. (mg1)