Pengguna WhatsApp Bakal Bisa Chat ke Messenger dan Instagram

oleh -1,729 views

BERITAJAKARTA.COM, Jakarta – Sebelumnya beredar rumor Facebook akan mengintegrasikan aplikasi-aplikasi pesannya. Kini, tampaknya perusahaan benar-benar akan merealisasikan integrasi tersebut.

Jika hal tersebut dilakukan, nantinya pengguna WhatsApp akan bisa mengirim pesan ke aplikasi pesan Facebook Messenger dan chat DM di Instagram.

Mengutip laman Engadget, Selasa (7/5/2019), perihal tentang integrasi aplikasi chatting ini diungkapkan oleh Head of Consumer Messenger Product, Asha Sharma, di gelaran konferensi pengembang Facebook F8 beberapa waktu lalu.

Dengan integrasi ini, menurut Sharma, pengguna bisa segera mengirim pesan antar aplikasi chatting milik Facebook. Misalnya pengguna WhatsApp bisa berkirim pesan ke aplikasi Messenger atau Instagram.

Sharma mengatakan, interoperabilitas merupakan salah satu dari banyak fitur baru Messenger. Nantinya semua pesan akan dienkripsi end-to-end yang menjadi privasi terbaru dari Facebook.

Shatma menyebutkan, pengiriman pesan antaraplikasi akan bekerja mirip dengan cara orang membuat panggilan telepon sekarang ini.

Pengguna tidak perlu mempedulikan apa operator nomor tujuan, tetapi tetap bisa menelepon mereka yang beda operator.


Prinsip Kerja Mirip dengan Telepon Antar Operator

“Katakan saja kamu ingin berbicara dengan teman, pesan itupun akan sampai kepadanya tak peduli layanan pesan apapun yang dipakainya,” tutur Sharma.

“Kami percaya, orang harus dapat saling berkomunikasi dengan siapa saja, menggunakan (aplikasi) apapun,” kata Sharma.

Sayangnya, masih belum jelas kapankah Facebook akan merilis integrasi pesan antar aplikasi ini.

Zuckerberg mengatakan, proses integrasi antar ketiga aplikasi pesan milik Facebook ini bisa memakan waktu. Bisa saja dalam beberapa bulan mendatang atau malah tahun depan.


Messenger Kebagian Deretan Fitur Baru

Dalam acara yang sama, Messenger juga disebut-sebut bakal kebagian berbagai fitur terbaru. Hal ini seperti yang diumumkan Facebook pada konferensi tahunan Facebook F8 beberapa waktu lalu.

Khusus untuk Messenger, Director Messenger Consumer Product Facebook Asha Sharma menyebut, Facebook mengembangkan komunikasi yang bersifat lebih privat di masa yang akan datang.

“Kami mengumumkan sejumlah produk dan fitur baru yang akan membantu menciptakan ikatan yang lebih dekat antara pengguna dengan pengguna, bisnis, dan para pengembang,” tuturnya sebagaimana dikutip dari Facebook Newsroom, Senin (6/5/2019).

1. Lebih Ringan dan Cepat

Beberapa fitur terbaru antara lain adalah aplikasi yang lebih ringan tetapi cepat. Versi baru Messenger yang lebih cepat sekaligus ringan ini akan digulirkan pada 2019.

2. Nonton Video Berbarengan

Ke depannya, Messenger akan memungkinkan pengguna untuk menonton video dari Facebook secara bersama-sama dan real-time dengan pengguna lainnya.

3. Aplikasi Messenger untuk Desktop

Pengguna kerap ingin mengakses aplikasi dari berbagai perangkat. “Kami juga mengumumkan aplikasi Messenger untuk desktop. Kamu nanti bisa mengunduh aplikasi di dekstop baik Windows maupun MacOS,” kata Sharma(liputan6/***)

No More Posts Available.

No more pages to load.