Sejarah dan Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024

oleh -90 views

BERITAJAKARTA.CO.ID –Setiap tanggal 5 Juni, dunia memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day.

Merujuk situs resmi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia atau World Environment Day dimulai sejak tahun 1972 ketika Majelis Umum PBB menetapkan 5 juni sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada saat Konferensi Stockholm.

Dalam perayaan ini, lebih dari 150 negara turut serta demi menciptakan dunia yang lebih berkelanjutan. Dipimpin oleh Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNEP), acara ini menjadi panggung global untuk menghadapi tantangan lingkungan hidup saat ini.

Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 adalah “Restorasi lahan, penggurunan dan ketahanan terhadap kekeringan”. Fokus utamanya adalah restorasi ekosistem sebagai bagian dari Dekade Restorasi Ekosistem PBB (2021-2030), dengan tujuan melindungi dan menghidupkan kembali ekosistem di seluruh dunia untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Arab Saudi menjadi tuan rumah tahun 2024 dan akan menggelar sesi keenam belas Konferensi Para Pihak (COP 16) UNCCD pada Desember 2024. Selain itu, sejumlah kegiatan akan dilaksanakan di Jenewa, melibatkan berbagai pemangku kepentingan demi mendukung tema dan tujuan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

No More Posts Available.

No more pages to load.