Suzuki Swift 2021 Resmi Meluncur di Singapura, Harga Rp 1,17 Miliar?

oleh -1,318 views

BERITAJAKARTA.CO.ID – Suzuki di Singapura resmi meluncurkan Suzuki Swift Sport 2021, yang merupakan Swift generasi ketiga. Di negara itu, Suzuki Swift tembus seharga Rp 1 miliaran.

Di Singapura, Suzuki Swift Sport hadir secara eksklusif dengan transmisi manual enam percepatan. Di bawah kap mesin, terdapat mesin bensin empat silinder 1,4 liter turbocharged dengan sistem hybrid ringan SHVS (Smart Hybrid Vehicle By Suzuki) 48 volt yang menghasilkan tenaga 127 daya kuda dan torsi 235 Nm.

Dikutip dari detikcom, dalam hal performa, Suzuki Swift Sport membutuhkan waktu 9,1 detik untuk akselerasi dari posisi diam hingga 100 km/jam. Konsumsi bahan bakarnya diklaim mencapai 21,2 km per liter.

Suzuki Swift Sport spesifikasi Singapura hadir dengan velg 17 inci, ban profil 195/45, lampu depan dan lampu belakang LED, lampu kabut halogen, kamera mundur, sensor parkir belakang, keyless entry and start, layar MID 4,2 inci, head unit layar sentuh tujuh inci dengan dukungan Android Auto dan Apple CarPlay, dan AC otomatis.

Untuk fitur keselamatan, mobil ini hadir dengan enam airbag, ESP, Hill-Hold Assist, EBD, ABS, hingga sistem pemantauan tekanan ban. Ada pula sistem aktif seperti Dual Sensor Brake Support (pengereman darurat otonom), Radar Brake Support, lane departure warning and weaving alert, serta adaptive cruise control.

Seperti mobil lainnya di Singapura, harga Suzuki Swift Sport terbilang sangat mahal di negara itu. Wajar, karena Singapura memberlakukan pembatasan kendaraan dengan Sertifikat Kepemilikan atau disebut COE.

Suzuki Swift Sport 2021 di Singapura dijual dengan harga SG$ 109.900 dengan COE. Jika dirupiahkan itu sama dengan Rp 1,17 miliar. Suzuki Swift Sport dijual oleh dealer Suzuki di Singapura, Champion Motors.

Pemerintah Singapura telah mengatur jumlah total mobil yang beredar di negara kecil tersebut. Pemerintah negeri itu mengeluarkan izin dalam jumlah terbatas. Pembeli mobil harus memiliki Sertifikat Kepemilikan atau Certificates of Entitlement (COE).

Calon pembeli harus menawar COE terlebih dahulu sebelum diizinkan membeli mobil. Itu tidak murah, COE untuk mobil dengan mesin 1.600 cc ke bawah harganya SG$ 40.609 (Rp 433 juta). COE akan lebih mahal lagi untuk kendaraan dengan mesin di atas 1.600 cc.

Mahalnya harga mobil di Singapura adalah bagian dari rencana pemerintah untuk membatasi jumlah mobil. Sebab, ruang negeri itu sangat terbatas. (mg1)

No More Posts Available.

No more pages to load.