Tips Bikin Komputer Awet dan Tahan Lama

oleh -547 views

BERITAJAKARTA.CO.ID – Berkenaan dengan momen peringatan Hari Bumi atau Earth Day, beragam cara dapat dilakukan untuk mendaur ulang pemakaian plastik dan kertas. Namun yang tak kalah pentingnya adalah untuk mendaur ulang barang elektronik seperti komputer.

Agak rumit memang mendaur ulang barang elektronik jika dibandingkan dengan kertas atau plastik. Maka, ada tips agar komputer dapat bertahan lebih lama sehingga tidak cepat rusak dan menjadi sampah elektronik.

Dilansir dari detikcom, Rick Patin seorang teknisi komputer di Amerika Serikat mengatakan bahwa umur perangkat khususnya komputer rata-rata 6 tahun. Namun kebanyakan pengguna sudah mengalami kerusakan sebelum waktunya.

Dan menurutnya, banyak dari mereka memutuskan lebih baik membeli baru ketimbang harus melakukan perbaikan yang menghabiskan uang banyak. Hal inilah yang turut menyumbang sampah elektronik. Padahal komputer jika digunakan dengan benar dapat bertahan lama.

“Mesin-mesin itu tidak akan sangat bertahan lama. Ada juga pola pikir ketika Anda membeli mesin yang tidak mahal, Anda tidak akan menghabiskan USD 200 untuk memperbaikinya dan akan membuangnya,” katanya.

Banyak pengguna mengeluh kinerja komputer menurun atau melambat karena adanya malware atau virus. Namun hal ini dapat diselesaikan dengan membersihkan hard drive dan registry. Ia merekomendasikan Malware Bytes dan CCleaner. Performa komputer pun akan cepat kembali. Selain itu juga harus rutin update.

“Jika Anda berbicara tentang PC umum, itu adalah produk Microsoft, Anda akan melihat sebagian besar virus dan spyware. Juga kurangnya pembaruan, update Windows,” katanya.

Yang terakhir dapat diperbaiki dengan mengunduh pembaruan tersebut secara manual atau mengaturnya untuk memperbarui sesuai jadwal. Mengatur ulang atau mematikan komputer sebelum pergi tidur juga bisa membereskan pembaruan.

“Reset atau restart komputer Anda sekali seminggu. Itu memungkinkan semua pembaruan terjadi. Jika tidak aktif, mereka tidak dapat melakukannya.” jelasnya

Dia juga merekomendasikan agar konsumen meningkatkan hard drive mereka ke solid-state atau SSD yang tidak berputar, sehingga memiliki masa pakai lebih lama daripada drive masa silam. Dan sebelum melakukan apa pun, wajib untuk mencadangkan konten hard drive sehingga memori berharga seperti foto dan video tidak hilang. (mg1)

No More Posts Available.

No more pages to load.