Duduk Dekat Jendela Bikin Karyawan Lebih Produktif

oleh -130 views

BERITAJAKARTA.CO.ID – Beban pekerjaan, tugas yang menumpuk, serta atasan yang tidak bersahabat, seringkali menjadi pemicu peningkatan stres bagi karyawan. Apabila Anda kerap merasa stres, bahkan depresi, saat bekerja atau berada di kantor, ada baiknya Anda pindah duduk di dekat jendela ruang kerja Anda.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Profesor Gerard Alberton di Inggris pada tahun 2010, duduk di dekat jendela yang menghadap keluar, terkena sinar matahari, dan bisa melihat objek bergerak di luar, dapat memperbaiki suasana hati Anda.

“Ketika Anda terkena cahaya, Anda mendapatkan manfaat cahaya secara maksimal. Namun bila hanya duduk di bawah lampu, Anda hanya terkena sedikit saja, dan tentunya ini kurang dari apa yang dibutuhkan. Jika Anda tak mendapatkan cahaya matahari di siang hari, pastikan Anda keluar dan menikmati cahaya matahari pagi,” ujar Russell Foster, pakar ilmu saraf dari Oxford University.

Itu sebabnya, paparan sinar matahari pagi dan siang yang terang amat dibutuhkan untuk meningkatkan produktivitas kerja Anda. Selain itu, karyawan bisa merasa lebih bahagia dan santai saat duduk di samping jendela pada pagi hari, dan mampu melipatgandakan kewaspadaannya dibandingkan jika terjebak di tengah ruangan di bawah lampu.

Nah, jika Anda memiliki gangguan susah tidur, Anda bisa mencoba berjalan kaki selama 30 menit di bawah paparan sinar matahari. Sebab, ini akan membantu Anda tidur yang nyenyak di malam hari.

“Cahaya bukan hanya penting untuk kesehatan mata, tetapi juga sebagai pendeteksi jam pada tubuh manusia yang mempengaruhi berbagai aspek kesehatan,” papar Foster.

Kasus ini biasanya rentan terjadi pada orang tua atau lansia, karena mereka jarang keluar rumah sehingga kurang mendapatkan paparan cahaya matahari. Tak heran bila banyak orang tua atau lansia lebih mudah mengalami gangguan kesehatan. Semakin banyak sumber cahaya yang didapat, semakin baik pula kualitas tidur dan performa Anda di tempat kerja.

Jadi mulai sekarang, mari manfaatkan paparan sinar matahari untuk menghasilkan kinerja yang lebih produktif!

No More Posts Available.

No more pages to load.