Ini Tips Agar Daging Kurban Tahan Lama

oleh -6 Dilihat

BERITAJAKARTA.CO.ID – Dihari Raya Idul Adha, tidak jarang kita menerima daging kurban dalam jumlah yang banyak dan mungkin tidak bisa langsung dimakan.

Jika tidak disimpan dengan benar, daging kurban cenderung akan membusuk dan akhirnya terbuang sia-sia.

Berikut ini adalah beberapa cara menyimpan daging kurban yang benar agar lebih awet.

Tips menyimpan daging kurban agar tahan lama

1. Daging Jangan Langsung Dicuci

Jika Anda tidak langsung memasak daging kurban setelah menerimanya, jangan mencucinya terlebih dahulu. Mencuci daging dapat menimbulkan bau yang tidak sedap. Selain itu, serat-serat daging akan menyerap air dan kualitas daging akan menurun.

Sebagai gantinya, bersihkan bagian yang kotor dengan tisu dapur dan masukkan ke dalam kulkas.

2. Simpang Daging di Tempat yang Tertutup

Daging mentah tidak akan tahan lama jika tidak disimpan dengan benar. Oleh karena itu, selain tidak mencuci daging sebelum dimasukkan ke dalam lemari es, simpanlah di dalam wadah kedap udara atau tertutup.

3. Langsung Potong Daging

Daging kurban biasanya memiliki ukuran yang bervariasi. Daging kambing lebih kecil dan daging sapi lebih besar.

Untuk memudahkan penyimpanan, daging bisa dipotong-potong terlebih dahulu. Hal ini juga dilakukan untuk memudahkan saat mengeluarkan daging nantinya.

4. Masukkan Kedalam Lemari Pendingin

Daging akan bertahan lebih lama jika Anda menyimpannya dalam wadah kedap udara dan kemudian di dalam freezer. Hal ini karena pembekuan membuat daging tetap segar dan mengurangi pertumbuhan mikroorganisme.

Selain itu, menyimpan daging kurban di dalam freezer juga dapat menghambat aktivitas enzim penyebab pembusukan. Daging kurban yang dibekukan di dalam freezer dapat disimpan hingga 12 bulan.

5. Atur Suhu Lemari Pendingin

Saat menyimpan daging kurban di kompartemen freezer, Anda juga harus memperhatikan suhu di dalam kompartemen freezer. Untuk memastikan masa simpan yang lama, pastikan suhu di dalam kompartemen freezer selalu berada di bawah minus 18 derajat Celcius.

6. Sebelum Dibekukan, Cincang Daging Terlebih Dahulu

Selain memotong daging, daging juga bisa diparut dan kemudian dibekukan. Saat diparut, daging lebih mudah disimpan dan dicairkan.

7. Jika Daging Sudah Dikeluarkan dari Freezer, Jangan Dimasukkan Lagi

Jangan kembalikan daging yang sudah dicairkan dari kompartemen freezer. Daging yang dicairkan akan kehilangan kualitasnya dan lebih mudah rusak.

Oleh karena itu, keluarkan daging secukupnya untuk dimasak agar daging yang tersisa dapat diawetkan.***