Ini Tips Merawat Mesin Motor Matic Agar Bertahan Lebih Lama

oleh -39 views
Tips merawat sepeda motor matic / Rafqi_Bertuahpos.

BERITAJAKARTA.CO.ID – Ada banyak dari kita yang hanya bisa mengendarai motor matic saja, tapi masih kurang memperhatikan perawatan motor matic.

Motor baru ataupun bekas, nyatanya perlu perawatan untuk membuat kendaraan ini tetap awet. Nyatanya tidak semua orang mengerti bagaimana kondisi mesin motor matic yang baik.

Bagaimana sih cara merawat kendaraan matic kamu agar awet dan tidak cepat rusak? simak tipsnya berikut ini.

  1. Rutin panaskan motor kamu tiap pagi hari

Buat sobat bertuah ketika ingin pergi bekerja atau mau kemanapun jangan lupa untuk memanasi motornya di pagi hari. Caranya cukup mudah yaitu dengan meng engkol kick stater pada motor anda dan lama waktu memanaskannya kurang lebih 5–10 menit saja.

  1. Ganti oli secara berkala

Nah untuk perawatan dibagian ini lah yang sangat penting, jika dibiarkan maka akibatnya akan fatal. Mengganti oli untuk kendaraan motor matic ini yaitu setiap 1000 KM dan mengganti oli transmisi motor (oli Gardan) yaitu 5000 KM atau juga kalo lupa dengan acuan kilometernya bisa ingat dengan menggantinya 2–3 bulan. Dan gunakan oli yang sesuai spesifikasi motor matic anda.

  1. Jangan sampai motor kamu sampai kehabisan bensin

Kehabisan bensin merupakan kesalahan yang sering dilakukan dalam berkendara motor. Jangan sampai motor matic anda kehabisan bensin karena dapat merusak mesin motor tersebut. Apalagi pada motor injeksi. Untuk itu usahakan motor anda sudah pada titik kode E, segeralah pergi ke tempat pengisian bensin terdekat dengan lokasi Anda.

  1. Selalu merawat AKI

Nah, untuk perawatan pada AKI motor kita sendiri kita kurang begitu mengetahuinya. Jika terjadinya mati pada AKI maka kekuatan pada motor anda tidak baik lagi baik dari kondisi pencahayaan lampu pada motor anda akan meredup dan yang paling sakitnya ketika AKI kita mati yaitu menghidupkan motor harus menggunakan kick starter dan tidak bisa menggunakan hand starter lagi. Nah untuk itu tipsnya juga seperti di bagian pertama yaitu usahakan ketika ingin menggunakan motor panaskan motor anda dengan menggunakan kick starter setiap pagi.

  1. Stabilkan kecepatan gas

Biasanya ini sering terjadi ketika kita sedang mengendarai motor kita, yaitu menggas motor yang awalnya pelan dan tiba-tiba laju dan yang laju tiba-tiba pelan. Itu dapat mengakibatkan merusak pada mesin motor dan juga dapat merusak vanbelt pada motor

  1. Selalu rutin servis motor anda di bengkel;

Nah tips ini juga penting dalam pengecekan mesin motor kita apakah baik atau ada yang rusak namun tidak disadari oleh kita, maka periksakan motor kamu ke bengkel. Mulai lah mengecek keadaan mesin baik itu dari AKI motor, oli nya apakah harus ganti, dan memeriksakan kondisi vanbelt dan roler motor.

  1. Gunakan bensin yang berkualitas;

Nah tips ini lumayan ada susah dan gampangnya karena, diluar sana kita sering mengisi bensin di pinggir jalan dan banyak orang yang menjual bensin campuran. Nah untuk itu kita perlu untuk berhati-hati. Kualitas bensin sangat mempengaruhi kualitas mesin motor anda, untuk itu sebaiknya anda mengisi bensin motor pada tempat yang tepat dan dikelola oleh pemerintah (pom) atau tempat – tempat penjual bensin yang memang sudah dipercaya.***

No More Posts Available.

No more pages to load.