Olahraga Boccia, Salah Satu Cabor di PEPARPEDA VIII Banten Kota Tangerang

oleh -63 Dilihat

BERITAJAKARTA.CO.ID – Pekan Paralympic Pelajar Daerah (Peparpeda) VIII Banten akan segera digelar di Kota Tangerang, dari tanggal 2 hingga 5 Juli 2024.

Ajang ini akan mempertandingkan tujuh cabang olahraga, salah satunya adalah Boccia.

Boccia adalah olahraga yang didesain khusus untuk penyandang cerebral palsy.

Cabor ini termasuk dalam kategori olahraga ketepatan, di mana pemain melempar bola dengan tujuan mendekati bola jack putih.

Pertandingan Boccia dapat dilakukan dalam format beregu dan berpasangan.

Dalam permainan beregu, terdiri dari tiga pemain dan masing-masing melempar dua bola, sementara untuk berpasangan, tiap pemain melempar tiga bola. Durasi pertandingan bervariasi, yakni empat menit untuk individu, lima menit untuk berpasangan, dan enam menit untuk beregu.

Dalam permainan, digunakan tiga warna bola seperti warna putih, merah, dan biru.

Bola putih disebut sebagai bola jack dan dilempar pertama kali oleh salah satu pemain sebagai titik acuan. Setiap tim akan berusaha melempar bola mereka sedekat mungkin dengan bola jack.

Wasit kemudian akan mengukur jarak bola tiap tim terhadap bola jack, dan tim yang bolanya paling dekat akan mendapatkan poin.

Tim melempar bola secara bergantian. Jika salah satu tim tidak bisa melempar bola lebih dekat dari tim lawan, mereka harus terus melempar hingga bola habis.

Jika terjadi pelanggaran, seperti menginjak atau melebihi garis yang ditentukan untuk kursi roda, tim lawan akan mendapatkan tambahan waktu satu menit.

Boccia menawarkan tantangan yang menarik dan kompetitif, serta menunjukkan semangat dan kemampuan luar biasa para atlet penyandang disabilitas.

Masyarakat Kota Tangerang dapat menyaksikan pertandingan Boccia di Peparpeda VIII Banten yang akan berlangsung di GOR Dimyati Tangerang.

No More Posts Available.

No more pages to load.