Perluasan Jalur MRT di Banten dan Jawa Barat, Berikut Rutenya

oleh -17 Dilihat
Proyek MRT East West Line(PT MRT Jakarta)

BERITAJAKARTA.CO.ID – PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta tengah merencanakan proyek MRT Fase 3 Balaraja-Cikarang sepanjang 84,102 kilometer. Proyek ini akan mencakup area DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.

Direktur Utama PT MRT Jakarta, William P Sabandar, menjelaskan bahwa proyek MRT Fase 3 ini nantinya akan dikenal sebagai MRT East West Line.

“Sekarang ini kita masih menyebutnya Fase 3 tapi mungkin ke depannya kita akan menyebutnya dengan East West Line, jadi ada yang North South Line dan East West Line,” ujar William.

MRT East West Line akan terbagi menjadi beberapa fase. Fase 1 mencakup DKI Jakarta, sementara Fase 2 meliputi Banten dan Jawa Barat.

Proyek MRT East West Line Fase 1 terbagi lagi menjadi dua tahap. Tahap 1 sepanjang 24,527 kilometer akan melalui Tomang, Dukuh Atas, Senen, Perintis hingga Medan Satria. Tahap 2 sepanjang 9,237 kilometer akan melalui Tomang dan Kembangan.

Fase 2, yang meliputi Banten dan Jawa Barat, juga terbagi menjadi dua bagian: MRT EW Banten sepanjang 29,900 kilometer yang akan melalui Kembangan, Kelapa Dua hingga Balaraja, dan MRT EW West Java sepanjang 20,438 kilometer yang akan melalui Medan Satria dan Cikarang.

Pemerintah Jepang dikabarkan tertarik untuk memberikan pinjaman pendanaan proyek MRT East West Line Fase 1 Tahap 1 sepanjang 24,527 kilometer. “Kita sedang menunggu komitmen formalnya karena kemarin itu baru komitmen verbal,” tambah William.

Dengan adanya kolaborasi ini, William berharap pembangunan jalur MRT East West Line dapat segera dimulai.

No More Posts Available.

No more pages to load.