UNS Bawa Mobil Balap Hemat Energi ke Kompetisi Internasional

oleh -45 Dilihat

BERITAJAKARTA.CO.ID – Bengawan Team Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta akan membawa mobil hemat energi mereka ke kompetisi internasional yang diselenggarakan pada Juli di Jakarta. Mobil bernama Nirankara 2.0 ini akan berpartisipasi dalam Shell Eco-Marathon Asia 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok dan Kontes Mobil Hemat Energi 2024 di Sirkuit Ancol Jakarta.

General Manager Bengawan Team UNS, Adam Sulthoni Wibowo, menyatakan bahwa persiapan sudah mencapai 80%.

“Tinggal finishing-finishing, semoga bisa dapat skor yang lebih tinggi dari sebelumnya,” ujarnya saat peluncuran mobil di Solo, Jawa Tengah, Selasa.

Inovasi dan Prestasi

Nirankara 2.0 adalah penerus dari generasi sebelumnya dengan berbagai perbaikan. Mobil roda tiga ini lebih ringan dengan bobot 45 kg, dibandingkan generasi sebelumnya yang berbobot 60 kg. Kendaraan ini dikategorikan sebagai prototipe gasoline dan dirancang lebih aerodinamis serta ramping, meminimalkan hambatan angin.

Pada kompetisi serupa tahun 2023, Bengawan Team mencatat skor 766 km/liter. Syamsul Hadi, pembina UKM Bengawan Team UNS, berharap tim dapat mencapai hasil yang lebih baik.

“Harapannya bisa lebih dari 750 km/liter, kalau bisa mendekati 1.000 km/liter,” katanya.

Harapan dan Tujuan

Adam dan timnya optimis untuk mendapatkan skor lebih tinggi pada kompetisi mendatang. Dengan hasil yang baik, diharapkan tim Bengawan dapat mengangkat nama UNS di kancah internasional.

No More Posts Available.

No more pages to load.